Sabtu, 04 November 2017

Sistem Peredaran Darah Manusia

A.  DARAH
Darah adalah cairan yang terdapat pada semua makhluk hidup (kecuali tumbuhan) tingkat tinggi yang berfungsi mengirimkan zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh, mengangkut bahan-bahan kimia hasil metabolisme, dan juga sebagai pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri. Istilah medis yang berkaitan dengan darah diawali dengan kata hemo- atau hemato- yang berasal dari bahasa Yunani haimayang berarti darah.Darah manusia berwarna merah, antara merah terang apabila kaya oksigen sampai merah tua apabila kekurangan oksigen. Warna merah pada darah disebabkan oleh hemoglobinprotein pernapasan (respiratory protein) yang mengandung besi dalam bentuk heme, yang merupakan tempat terikatnya molekul-molekul oksigen.




1. FUNGSI DARAHDarah dalam tubuh mempunyai fungsi-fungsi sebagai berikut :
  • Bekerja sebagai sistem transport dari tubuh, mengantarkan semua bahan kimia, oksigen dan zat makanan yang diperlukan untuk tubuh supaya fungsi normalnya dapat dijalankan, dan menyingkirkan karbon dioksida dan hasil buangan yang lain.
  • Sel darah merah mengantarkan oksigen ke jaringan dan menyingkirkan sebagian dari karbon dioksida.
  • Sel darah putih menyediakan banyak bahan pelindung dan karena berakan fagisitosis dari bebrapa sel makamelndungi tubuh terhadap serangan bakteri.
  • Plasma membagi protein yang diperlukan untuk pembentukan jaringan : menyegarkan cairan jaringan karena melalui cairan ini semua sel tubuhmenerima makanannya. Merupakan kendaraan untuk mengangkut bahan buangan ke berbagai organ ekskretorik untuk dibuang.
  • Hormon dan enzim diantarkan dari organ ke organ dengan perantaraan darah.
2.    KOMPONEN PENYUSUN DARAH
Darah adalah unit fungsional seluler pada manusia yang berperan untuk membantu proses fisiologis. Darah terdiri dari dua komponen yaitu keping-keping sel darah (korpuskuli) dan plasma darah. Volume darah yang beredar adalah sekitar 8 % dari bobot tubuh atau sekitar 5600 cc pada orang yang bobotnya 70 kg. Dari 5600 cc tersebut, sekitar 55 % adalah plasma darah dan sekitar 45 % adalah korpuskuli darah. Darah tersusun atas beberapa komponen yaitu sebagai berikut :
1.  Plasma darah
Yaitu merupakan cairan darah yang terdiri dari air, protein, mineral dan bahan organik. Prosentase plasma darah dalam tubuh adalah 55 %.2. Sel-sel darah (Korpuskuli darah)Yaitu berupa butiran-butiran darah yang prosentasenya 45 %. Sel-sel darah ada 3 macam yaitu sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit) dan keping darah (trombosit). 
Adapun ciri-ciri dari beberapa komponen penyusun darah tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :
a.  Plasma Darah
Plasma darah merupakan bagian cair darah. Cairan ini didapat dengan membuat darah tidak beku dan sel darah tersentrifugasi. Plasma terdiri dari 90% air, 7-8% protein, dan di dalam plasma terkandung pula beberapa komponen lain seperti garam-garam, karbohidrat, lipid, dan asam amino. Karena dinding kapiler permiabel bagi air dan elektrolit maka plasma darah selalu ada dalam pertukaran zat dengan cairan interstisial. Dalam waktu 1 menit sekitar 70% cairan plasma bertukaran dengan cairan interstisial. Serum darah adalah cairan bening yang memisah setelah darah dibekukan. Plasma darah berbeda dengan serum darah terutama pada serum tidak terdapat faktor pembentukan fibrinogen. Plasma darah merupakan komponen terbesar dari darah, karena lebih dari separuh darah mengandung plasma darah. Plasma darah berfungsi untuk mengangkut air dan sari-sari makanan ke sel-sel serta membawa sisa pembakaran dari sel ke tempat pembuangan. Fungsi lain dari plasma darah adalah menghasilkan zat kekebalan tubuh terhadap penyakit atau antibodi. Apabila plasma dibiarkan terbuka dan terkena udara, darah akan membeku. Jika darah dibiarkan membeku, dan bagian padatannya dibuang maka bagian yang tertinggal desebut dengan serum. Berdasarkan komposisinya, serum sama dengan plasma namun serum tidak mengandung seperti fibrinogen, protrombin, globulin, dan proacelerin.
a. Eritrosit (Sel Darah Merah)
1)  Ciri-Ciri Eritrosit
Eritrosit (sel darah merah) memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  • Berbentuk seperti cakram bikonkaf.
  • Tidak memiliki inti sel.
  • Berwarna merah karena mengandung hemoglobin yang penyusun utamanya adalah zat besi.
  • Dibuat di sumsum tulang belakang.
  • Aktif selama 120 hari.

  
2) Fungsi Eritrosit
Beberapa fungsi eritrosit antara lain sebagai berikut :
  • Mengangkut oksigen ke jaringan-jaringan tubuh.
  • Mengangkut sari-sari makanan dari alat pencernaan ke seluruh jaringan tubuh.
3) Pembentukan dan Perombakan Eritrosit
Proses pembentukan eritrosit dinamakan eritropoiesisPembentukan ini diatur oleh suatu hormon glikoprotein yang disebut dengan eritropoetin. Secara terus-menerus, eritrosit diproduksi di sumsum tulang merah, dengan laju produksi sekitar 2 juta eritrosit per detik (pada embrio, hati berperan sebagai pusat produksi eritrosit utama). Produksi eritrosit distimulasi oleh hormon eritropoietin (EPO) yang disintesa oleh ginjal. Saat sebelum dan sesudah meninggalkan sumsum tulang belakang, sel yang berkembang ini dinamai retikulosit dan jumlahnya sekitar 1% dari seluruh darah yang beredar. Eritrosit dikembangkan dari sel punca melalui retikulosit untuk mendewasakan eritrosit dalam waktu sekitar 7 hari dan eritrosit dewasa akan hidup selama 100-120 hari.
Eritrosit dihasilkan pertama kali di dalam kantong kuning telah saat embrio pada minggu-minggu pertama. Setelah beberapa bulan kemudian, eritrosit terbentuk di dalam hati, limfa, dan kelenjar sumsum tulang. Setelah dewasa eritrosit dibentuk di sumsum tulang membranosa. Semakin bertambah usia seseorang, maka produktivitas sumsum tulang semakin turun. Sel pembentuk eritrosit adalah hemositoblas yaitu sel batang myeloid yang terdapat di sumsum tulang. Sel ini akan membentuk berbagai jenis leukosit, eritrosit, megakariosit (pembentuk keping darah). Rata-rata umur sel darah merah kurang lebih 120 hari. Sel-sel darah merah menjadi rusak dan dihancurkan dalam sistem retikulum endotelium terutama dalam limfa dan hati. Globin dan hemoglobin dipecah menjadi asam amino untuk digunakan sebagai protein dalam jaringan-jaringan dan zat besi dalam hem dari hemoglobin dikeluarkan untuk dibuang dalam pembentukan sel darah merah lagi. Sisa heme dari hemoglobin diubah menjadi bilirubin (warna kuning empedu) dan biliverdin, yaitu yang berwarna kehijau-hijauan yang dapat dilihat pada perubahan warna hemoglobin yang rusak pada luka memar.



Seiring dengan berjalannya waktu, eritrosit yang sudah tua, akan dihancurkan oleh sistem retikuloendothelial (hati, limpa, sumsum tulang). Protein yang dihasilkan akan dipecah menjadi asam amino yang dapat dipergunakan lagi. Sedangkan bagian heme dari Hb dipecah menjadi  Fe dan biliverdin, yang nantinya diekskresikan melalui saluran empedu sebagai bilirubin. Proses lengkapnya bisa dilihat pada gambar di bawah :

Gambar Proses Perombakan Eritrosit

a. Leukosit (Sel Darah Putih)
1)  Ciri-ciri Leukosit
Beberapa ciri leukosit (sel darah putih) antara lain sebagai berikut :
  •  Tidak berwarna, memiliki inti (nukleus)
  • Dapat bergerak secara amoeboid dan dapat menembus dinding kapiler (gerak diapedesis) 
  • Jumlah normal : 4x109 hingga 11x109 sel darah putih/ liter darah
  • Kekurangan leukosit : leukopenia, kelebihan : leukositosis. Jumlah leukosit yang jauh melebihi normal sehingga memakan sel darah lain dinamakan leukimia. 
  • Di dalam tubuh, bekerja secara independen tidak berasosiasi dengan organ atau jaringan tertentu.         
  •  Diproduksi di dalam sel punca hematopoeietic pluripotent pada sumsum tulang.
1)  Jenis-jenis Leukosit dan Fungsinya
Berdasarkan ada atau tidaknya granula di dalam plasmanya, leukosit dibagi menjadi 2 kelompok yaitu :
a)  Leukosit Bergranula (Granulosit)
Terdiri dari tiga sel darah yaitu :
1.  Neutrofil
Ciri-ciri : Plasma selnya bersifat netral, inti sel berjumlah banyak, bergerak amoeboid.
Fungsi : Dalam pertahanan tubuh terhadap infeksi bakteri serta proses peradangan kecil lainnya.



Gambar Neutrofil
2. Eosinofil
Ciri-ciri : Plasmanya bersifat asam. Itulah sebabnya eosinofil akan merah tua bila ditetesi eosin. Eosinofil juga bersifat fagosit dan jumlahnya akan meningkat jika tubuh terkena infeksi.
Fungsi : Eosinofil terutama berhubungan dengan infeksiparasit (parasit besar seperti cacing dengan menghancurkan dinding tubuhnya), dengan demikian meningkatnya eosinofil menandakan banyaknya parasit.

Gambar Eosinofil
  3. Basofil
Ciri-ciri : Plasmanya bersifat basa. Itulah sebabnya plasma akan berwarna biru jika ditetesi larutan basa. Basofil juga bersifat fagosit. Selain itu, basofil mengandung zat kimia anti penggumpalan, yaitu heparin.
Fungsi : Basofil terutama bertanggung jawab untuk memberi reaksi alergi dan antigen dengan jalan mengeluarkan histaminkimia yang menyebabkan peradangan.

Gambar Basofil
b)  Leukosit Tak Bergranula (Agranulosit)
Terdiri dari dua macam sel darah yaitu :
1.  Limfosit
Limfosit tidak dapat bergerak dan berinti satu. Ukurannya ada yang besar dan ada yang kecil. Limfosit ada 2 yaitu sel B dan sel T. Limfosit awalnya dibentuk di sumsum tulang dan hati (pada fetus), jika limfosit berpindah dan matang di timus maka disebut sel T sedangkan yang tetap di sumsum tulang disebut sel B. Limfosit berfungsi untuk membentuk antibodi. 

Gambar Limfosit
2. Monosit
Monosit mempunyai inti yang bulat/bulat panjang. Monosit diproduksi pada jaringan limfa dan bersifat fagosit. Berfungsi memberikan informasi pada limfosit T ketikan terjadi infeksi sehingga antibody bisa terbentuk.

  Gambar Monosit
              

c) Trombosit (Keping Darah)
Ciri-ciri : tidak memiliki inti sel, bentuk tak beraturan dengan ukurandiameter 2-3 µm, dibntuk di megakariosit sumsum tulang. Trombosit memiliki bentuk yang tidak teratur, tidak berwarna, tidak berinti, berukuran lebih kecil dari eritrosit dan leukosit, dan mudah pecah bila tersentuh benda kasar. Jumlah trombosit sekitar 300.000 untuk  setiap µl darah. Waktu paruhnya sekitar 7 hari. Trombosit memiliki mikrotubu-lus cincin di bagian pinggirnya dan mengandung protein aktin dan miosin.
Fungsi : Trombosit berperan pada proses pembekuan darah

Gambar  Trombosit
1. PEMBEKUAN DARAH
Hemostasis atau pembekuan darah merupakan peristiwa dimana terjadi penghentian perdarahan akibat putusnya atau robeknya pembuluh darahBila terjadi luka, trombosit akan pecah mengeluarkan trombokinaseatau tromboplastin. Trombokinase akan mengubah protrombin menjaditrombin. Trombin mengubah fibrinogen menjadi fibrin yang berbentukbenang-benang yang menjerat sel darah merah dan membentuk gumpalansehingga darah membeku. Protrombin adalah senyawa globulin yang larut dan dihasilkan di hati dengan bantuan vitamin K (perubahan protrombin yang belum aktif menjadi trombin yang aktif dipercepat oleh ion kalsium (Ca). Fibrinogen adalah protein yang larut dalam plasma darah. Proses pembekuan darah secara rinci dapat dijelaskan dengan bagan di bawah ini.

Gambar Proses Pembekuan Darah

1.           PRINSIP PENGGOLONGAN DARAH
Golongan darah adalah ciri khusus darah dari suatu individu karena adanya perbedaan jenis karbohidrat dan protein pada permukaan membran sel darah merah. Dua jenis penggolongan darah yang paling penting adalah penggolongan ABO dan Rhesus(faktor Rh). Di dunia ini sebenarnya dikenal sekitar 46 jenis antigen selain antigen ABO dan Rh, hanya saja lebih jarang dijumpai. Transfusi darah dari golongan yang tidak kompatibel dapat menyebabkan reaksi transfusi imunologis yang berakibat anemia hemolisisgagal ginjalsyok, dan kematian. Golongan darah manusia ditentukan berdasarkan jenis antigen dan antibodi yang terkandung dalam darahnya.

a. Penggolongan Darah dengan Sistem ABO
Dr. Landsteiner dan Donath menemukan antigen (aglutinogen) dalam sel darah merah dan juga menemukan antibodi (aglutinin) yang terdapat di dalam plasma darah. Berdasar macam antigen yang ditemukan tersebut, beliau membagi golongan darah menjadi 4 golongan, yaitu seperti pada Tabel di bawah ini.
   
                    Tabel1. Penggolongan Darah Sistem ABO

No
Golongan Darah
Aglutinogen
Aglutinin
1
A
A
α
2
B
B
β
3
AB
A dan B
Tidak Ada
4
O
Tidak Ada
α dan β
b. Penggolongan Darah dengan Sistem Rhesus
Jenis penggolongan darah lain, selain dengan sistem ABO adalah Sistem Rhesus. sistem ini cukup dikenal yaitu dengan pemanfaatkan faktor Rhesus atau faktor Rh. Nama ini diperoleh dari monyet jenis Macacca rhesus (di India) yang diketahui memiliki faktor ini pada tahun 1940 oleh Karl Landsteiner. 
Seseorang yang tidak memiliki faktor Rh di permukaan sel darah merahnya memiliki golongan darah Rh-. Mereka yang memiliki faktor Rh pada permukaan sel darah merahnya disebut memiliki golongan darah Rh+. Jenis penggolongan ini seringkali digabungkan dengan penggolongan ABO. Golongan darah O+ adalah yang paling umum dijumpai, meskipun pada daerah tertentu golongan A lebih dominan, dan ada pula beberapa daerah dengan 80% populasi dengan golongan darah B.
Kecocokan faktor Rhesus amat penting karena ketidakcocokan golongan. Misalnya donor dengan Rh+ sedangkan resipiennya Rh-) dapat menyebabkan produksi antibodi terhadap antigen Rh(D) yang mengakibatkan hemolisis. Hal ini terutama terjadi pada perempuan yang pada atau di bawah usia melahirkan karena faktor Rh dapat mempengaruhi janin pada saat kehamilan.Sistem rhesus mengenal dua jenis golongan darah yaitu: Rhesus Positif dan Rhesus Negatif (diturunkan secara genetis, Rh+ dominan terhadap Rh-)

1. PRINSIP TRANSFUSI DARAH
Prinsip tranfusi darah dapat secara ringkas dijelaskan dalam bagan di bawah ini.

  
Gambar Prinsip Transfusi Darah
Dalam transfusi darah, perlu diperhatikan jenis aglutinogen dari darah donor dalam eritrositnya, sedangkan pada resipien perlu diperhatikan macam aglutinin di dalam plasma darahnya. Hukum Landsteiner menyatakan bahwa bila aglutinogen bertemu dengan zat antinya (aglutinin), maka akan terjadi aglutinasi atau penggumpalan darah. Perhatikan kemungkinan terjadinya transfusi darah masing-masing golongan darah dan berbagai macam golongan darah di bawah ini.

Gambar 14. Kemungkinan Terjadinya Transfusi Darah
Keterangan:
  • Golongan darah A hanya bisa mendonorkan darah kepada golongan darah A dan AB dan menerima darah dari golongan darah A dan O.
  • Golongan darah B hanya bisa mendonorkan darah kepada golongan darah B dan AB dan menerima darah dari golongan darah B dan O.
  • Golongan darah AB hanya bisa mendonorkan darah kepada golongan darah AB saja dan menerima darah dari semua golongan darah (A, B,AB dan O) maka dari itu golongan darah AB disebut sebagai resipien universal.
  • Golongan darah O bisa mendonorkan darah kepada semua golongan darah (A, B, AB,dan O) dan menerima darah dari golongan darah O saja, maka dari itu golongan darah O disebut sebagai donor universal.
A. ALAT PEREDARAN DARAH
1.          JANTUNG
Jantung merupakan pompa berotot. Fungsinya sebagai alat pemompa darah. Pada manusia, jantung terdiri atas empat ruangan, yaitu serambi kiri, serambi kanan, bilik kiri, dan bilik kanan. Dinding jantung terdiri atas 3 lapisan, antara lain perikardium, miokardium, dan endokardium.
Perikardium adalah selaput pembungkus jantung. Perikardium terdiri dari 2 bagian, yaitu sebelah dalam dan luar. Di antara kedua lapisan perikardium di pisahkan oleh sedikit cairan pelumas yang berfungsi mengurangi gesekan yang disebabkan oleh gerakan memompa dari jantung itu sendiri. Miokardium adalah otot  jantung, adapun endokardiumadalah selaput yang membatasi ruangan jantung. Antara ruangan jantung terdapat klep (katup) yang berfungsi untuk mengatur aliran darah agar tetap searah. Klep pada ruangan jantung tersebut, antara lain:
a.    Valvula trikuspidalis dan valvula mitral
Klep (katup) ini terdapat antara serambi kanan dan bilik kanan.
b.    Valvula bikuspidalis
Letak klep (katup) ini terdapat antara serambi kiri dan bilik kiri.
c.    Valvula semilunaris
Klep (katup) ini terdapat pada pangkal nadi besar.
Jantung manusia terdiri atas 4 ruangan, yaitu 2 atrium (serambi) dan 2 ventrikel (bilik). Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:
a.    Atrium
Atrium merupakan ruangan jantung tempat masuknya darah daripembuluh balik (vena).
b.    Ventrikel
Ventrikel mempunyai otot lebih tebal daripada atrium, dan ventrikel kiri lebih tebal daripada ventrikel kanan. Ini disebabkan ventrikel berfungsimemompakan darah keluar jantung, jadi tekanannya besar.

Gambar 15. Jantung
Cara Kerja Otot Jantung (Kontraksi dan Relaksasi)
Cara kerja otot  jantung dibedakan menjadi 2, yaitu sebagai berikut:
a.            Periode Relaksasi
Pada saat ini serambi jantung menguncup dan bilik jantung mengembang maksimal. Darah masuk ke jantung. Kondisi ini dinamakan diastole.
b.            Periode Kontraksi
Pada saat ini otot bilik jantung menguncup. Darah dalam bilik di pompa ke pembuluh nadi paru-paru atau ke aorta secara bersama. Kondisi ini dinamakan sistole.
Sistole dan diastole ini dapat diukur dengan tensimeter (spighnometer). Pada orang dewasa sehat, tekanan sistole dan diastolenya sekitar 120 mmHg dan 80 mmHg yang biasa ditulis 120 mmHg atau 80 mmHg.


Gambar 16. Cara Kerja Otot Jantung
1.                   PEMBULUH DARAH
Darah mengalir keluar dari jantung melalui pembuluh. Darah mengalir masuk ke jantung pun melalui pembuluh. Oleh sebab itu, pada dasarnya terdapat 2 kelompok pembuluh darah, yaitu pembuluh yang aliran darahnya meninggalkan jantung dan yang menuju jantung.
A.             Macam-macam pembuluh darah
Pembuluh darah ada tiga macam yaitu pembuluh nadi, pembuluh vena dan pembuluh kapiler.
a.           Arteri (pembuluh nadi)
Pembuluh ini merupakan pembuluh yang keluar dari jantung. Pembuluh ini memiliki 1 buah katup/klep berbentuk bulan sabit yang disebut valvula semilunaris. Fungsi pembuluh ini adalah untuk menjaga aliran darah tetap searah. Pembuluh ini dibedakan menjadi tiga yaitu:
1.                Pembuluh Nadi Besar (Aorta)
Pembuluh nadi besar disebut juga aorta. Pembuluh ini berhubungan langsung dengan bilik kiri, sehingga membawa darah kaya O2 yang akan dibawa ke seluruh tubuh, bagian kepala maupun bagian bawah dari organ tubuh. Pembuluh nadi lain yang berhubungan dengan bilik kanan adalah arteripulmonales, yaitu mengangkut darah yang kaya CO2. Pembuluh ini menghubungkan darah menuju organ paru-paru kiri dan kanan. Gas CO2 di dalam paru-paru akan dilepaskan dan diganti dengan O2 yang kemudian dibawa menuju jantung.
2.                Arteri
Pembuluh arteri merupakan cabang dari aorta.
3.                Arteriola
Pembuluh ini merupakan cabang arteri yang berhubungan langsung dengan kapiler. Pada kapiler ini akan terjadi pertukaran gas, kemudian dari kapiler ini darah akan kembali ke jantung melalui venula dan dibawa ke pembuluh balik (vena).
  


Gambar 17. Struktur Pembuluh Arteri
a.           Vena (pembuluh balik)
Pembuluh balik atau vena, yaitu pembuluh yang mengangkut darah dari seluruh tubuh ke jantung. Masuknya darah ke ruangan serambi kanan dari jantung. Pembuluh ini dibedakan menjadi tiga yaitu :
a)               Vena Cava
Pembuluh ini mengangkut darah dari bagian atas (kepala) yang disebut vena cava superior dan dari bagian bawah, misalnya kaki, ginjal, hati, dan lain-lain yang disebut vena cava inferior.
b)               Vena
Contoh pembuluh vena, yaitu vena pulmonalis. Pembuluh ini mengangkut darah yang kaya O2  dari paru-paru menuju ke serambi kiri. Pembuluh vena akan menerima darah dari venula.
c)               Venula
Pembuluh venula merupakan pembuluh balik yang langsung berhubungan dengan kapiler. Pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena) sama-sama mempunyai fungsi yang sama, yaitu mengalirkan darah ke jantung dan dari jantung.


Gambar 18. Struktur Pembuluh Vena
a.           Pembuluh kapiler
Merupakan pembuluh halus yang menghubungkan arteriola dengan venula. Kapiler merupakan pembuluh halus yang dindingnya hanya setebal selapis sel. Pada pembuluh inilah terjadi pertukaran oksigen dari darah dengan karbon dioksida jaringan.


Gambar 19. Pembuluh Darah
A.             Lapisan Dinding Pembuluh Darah
Dinding pembuluh darah terdiri 3 lapisan, yaitu sebagai berikut :
a.    Lapisan terluar, merupakan lapisan tipis dan kuat terdiri atas jaringan kuat.
b.  Lapisan tengah, terdiri atas jaringan otot polos. Karena otot polos ini bersifat tidak sadar maka aliran darah dan tekanan darah pada pembuluh darah tidak dapat dirasakan.
c.   Lapisan dalam, merupakan lapisan yang membatasi ruangan pembuluh darah.
Walaupun pada prinsipnya antara nadi dan vena mempunyai lapisan yang sama, namun di antara keduanya mempunyai perbedaan yang mencolok, yaitu seperti dalam tabel berikut :
Pembeda
Arteri
Vena
Dinding
Tebal dan elastis
Tipis dan kurang elastis
Arah aliran
Meninggalkan jantung
Menuju jantung
Tekanan
Kuat
Lemah
Jika terluka
Darah memancar
Darah menetes
Kandungan darah di dalamnya
Banyak mengandung O2 ,kecuali nadi paru-paru.
Banyak mengandung CO2, kecuali vena paru-paru
Letak
Agak dalam dan tersembunyi
Dekat dengan permukaan tubuh, warna kebiru-biruan
Klep
Hanya satu dekat jantung
Banyak, terdapat di sepanjang vena




A.             SISTEM PEREDARAN DARAH
Peredaran darah manusia merupakan peredaran darah tertutup karena darah yang dialirkan dari dan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah dan darah mengalir melewati jantung sebanyak dua kali sehingga disebut sebagai peredaran darah ganda. Macam-macam sistem peredaran darah pada manusia beserta penjelasannya akan dijelaskan sebagai berikut.
1.       SISTEM PEREDARAN DARAH BESAR (SISTEMIK/SIRKULATORIA MAGNA)
Sistem peredaran darah besar (sistemik/sirkulia magna) adalah peredaran darah yang mengalirkan darah yang kaya oksigen dari bilik (ventrikel) kiri jantung lalu diedarkan ke seluruh jaringan tubuh. Oksigen bertukar dengan karbondioksida di jaringan tubuh. Lalu darah yang kaya karbondioksida dibawa melalui vena menuju serambi kanan (atrium) jantung.
2.    SISTEM PEREDARAN DARAH KECIL/PULMONAL
Sistem Peredaran darah kecil (pulmonal) adalah peredaran darah yang mengalirkan darah dari jantung ke paru-paru dan kembali ke jantung. Darah yang kaya karbondioksida dari bilik kanan dialirkan ke paru-paru melalui arteri pulmonalis, di alveolus paru-paru darah tersebut bertukar dengan darah yang kaya akan oksigen yang selanjutnya akan dialirkan ke serambi kiri jantung melalui vena pulmonalis.

Gambar 20. Sistem Peredaran Darah pada Manusia



Gambar 21. Sistem Peredaran Darah Besar dan Kecil
1.           SISTEM VENA PORTA
Sistem vena porta yaitu vena dari suatu alat tubuh sebelum menuju ke jantung mampir dulu ke suatu alat. Pada manusia dan mamalia adalah sistem vena porta hepatica, yaitu darah dari usus sebelum ke jantung mampir dulu ke hati.


D..             SISTEM LIMFATIK
Getah bening atau limfa berasal dari plasma darah yang keluar dari kapiler dan dialirkan oleh pembuluh limfa. Pembuluh limfa yang berasal dari kepala, leher, dada, jantung, paru-paru dan lengan kanan akan bersatu menjadi pembuluh limfa kanan (ductus limfaticus dexter). Adapun pembuluh limfa yang berasal dari bagian lainnya akan bersatu menjadi  pembuluh limfa dada (ductus thorasicus) dan bermuara di vena bawah selangka.
Pembuluh limfa dada juga merupakan tempat bermuaranya pembuluh lemak atau pembuluh kil. Lemak inilah yang menyebabkan cairan limfa berwarna kuning keputih-putihan. Di sepanjang pembuluh limfa terdapat kelenjar-kelenjar limfa atau nodus. Kelenjar ini berfungsi untuk menyaring kuman. Beberapa kelenjar getah limfa yang besar adalah:
a)               Kelenjar limfa lipat siku, lipat paha, ketiak, lutut, dan leher.
b)               Kelenjar selaput lendir usus.
c)               Pembuluh limfa yang berasal dari selaput lendir usus disebut pembuluh kil.
d)               Kelenjar folikel bawah lidah.
e)               Kelenjar pada tonsil amandel dan adenoid.
  


Gambar 22. Pembuluh dan Kelenjar Limfatik di Tubuh Manusia
A.             KELAINAN PADA SISTEM DARAH
Kelainan dan penyakit pada darah dan sistem peredaran darah dapat disebabkan oleh faktor keturunan dan non keturunan.
1.                Faktor Keturunan
Penyakit keturunan disebabkan oleh genetik. Di antaranya adalah sebagai berikut:
a.           Hemofilia
Penyakit keturunan berupa darah yang keluar dari pembuluh darah tidak dapat membeku.
b.           Thalassemia
Penyakit yang ditandai dengan bentuk sel darah merah yang tidak beraturan. Akibatnya daya ikat terhadap oksigen dan karbon dioksida kurang.
c.           Sick Cell Anemia (SCA)
Penyakit berupa kelainan sel darah merah yang berbentuk seperti bulan sabit, akibatnya daya ikat terhadap oksigen dan karbondioksida berkurang.
  



Gambar 23. Sel Darah Merah yang Terkena SCA
a.                    Faktor Non-Keturunan
Kelainan darah ini disebabkan oleh faktor fisiologis. Di antaranya adalah:
1)         Anemia 
     Penyakit kurang darah, disebabkan kandungan Hb rendah, berkurangnya sel darah merah, atau menurunnya volume darah dari ukuran normal.
2)       Anemia pernisiosa
            Penyakit di mana tubuh tidak mampu menyerap vitamin B - 12.
3)      Aneurisma
Penyakit pelebaran pembuluh arteri karena lemahnya dinding otot.
4)     Eritroblastosis fetalis
Rusaknya eritrosit bayi di dalam kandungan karena perbedaan rhesus dengan ibu.


Gambar 24. Terjadinya Eritroblastosis fetalis
1)  Elefantiasis
      Penyumbatan aliran pembuluh limfa akibat infeksi cacing Filaria.
2)  Hipertensi
Tekanan darah tinggi, yaitu nilai ambang tekanan sistole sekitar 140 -200 mmHg atau lebih, dan nilai ambang tekanan diastole sekitar 90 -110 mmHg atau lebih.
3)   Hipotensi
Tekanan darah rendah, bila tekanan sistole di bawah 100 mmHg.
4)  Leukemia (kanker darah)
Penyakit yang disebabkan bertambahnya leukosit yang tidak terkendali akibat kanker jaringan penghasil sel-sel darah putih.
5)  Trombus dan embolus
Penyakit jantung yang disebabkan oleh penggumpalan di dalam arteri koroner.
6)     Jantung koroner
           Suatu gangguan jantung disebabkan oleh tertimbunnya lemak darah (kolesterol) pada  arteri koronaria. 



Gambar 25. Jantung Koroner
7)               Sklerosis
Penyakit pengerasan pembuluh nadi. Gangguan ini dapat disebabkan oleh dua hal, yaitu karena endapan lemak, disebut aterosklerosis dan disebabkan oleh endapan kapur atau arteriosklerosis. Sklerosis dapat menyebabkan berkurangnya elastisitas pembuluh darah,sehingga menaikkan tekanan darah. Jika sklerosis ini terjadi pada arteriole maka dapat menyebabkan pecahnya arteriole tersebut.Kalau hal ini terjadi di otak dapat menyebabkan kematian (stroke).


Gambar 26. Sklerosis di Otak
8)               Varises
Penyakit berupa pelebaran vena pada bagian betis. Bisa juga pelebaran venanya pada bagian anus yang sering disebut ambeien, wasir, atau hemoroid.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TTS TENTANG METABOLISME