Sabtu, 04 November 2017

A. Pendahuluan


A. Pendahuluan
Anda tentu masih ingat bagaimana pentingnya peran oksigen di dalam tubuh. Oksigen  dalam tubuh berguna untuk melaksanakan proses oksidasi (pembakaran) zat makanan. Pembakaran zat makanan itu sendiri berlangsung pada seluruh sel tubuh. Oleh karena itu, harus ada alat transportasi yang menyebabkan oksigen dari paruparu dan zat makanan dari usus halus mencapai sel-sel yang tersebar di seluruh tubuh manusia. Berupa apakah alat transportasi atau peredaran dalam tubuh manusia itu?
Sistem peredaran pada manusia meliputi sistem peredaran darah dan sistem peredaran getah bening. Sistem peredaran darah manusia meliputi darah, jantung, dan pembuluh darah. Untuk lebih memahami mengenai sistem peredaran darah, berikut akan dijelaskan satu demi satu komponen sistem tersebut, sehingga anda benarbenar memahami bagaimana pentingnya komponen sistem peredaran darah itu dalam tubuh manusia.
Agar Anda lebih mudah memahami materi pada bab ini, perhatikan peta konsep berikut!
Peta Konsep sistem Peredaran Darah
Tahukah Anda cara kerja sebuah perusahaan katering besar yang melayani para pelanggannya? Setiap hari, tiga kali sehari, armada katering mengantarkan wadah berisi makanan. Pada esok harinya armada katering menjemput wadah-wadah kosong tersebut untuk dicuci dan diisi kembali dengan makanan baru. 
Cara kerja sistem perusahaan katering tersebut, mendekati cara kerja peredaran darah di dalam tubuh manusia. Perbedaannya, darah manusia tidak hanya mengantarkan zat makanan, tetapi juga oksigen. Selain itu, darah menjemput sisa hasil metabolisme minimal sebanyak 75-80 kali dalam satu menit. Sungguh menakjubkan, bukan? Itu adalah salah satu bukti kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. Bagaimanakah sebenarnya mekanisme kerja sistem peredaran darah tersebut? Organ-organ apa saja yang termasuk dalam sistem peredaran darah? Apakah fungsi dari setiap organ tersebut? Lalu, apakah kelainankelainan atau penyakit yang mengganggu sistem peredaran darah? Semua pertanyaan tersebut dapat Anda temukan jawabannya setelah mempelajari Bab Sistem Peredaran Darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TTS TENTANG METABOLISME